5 Penyebab "Wajah Boros" Dan Terlihat Tua Meskipun Usia Masih 20-an

5 Penyebab 'Wajah Boros' dan Terlihat Tua Meski Masih Usia 20-an
5 Penyebab 'Wajah Boros' dan Terlihat Tua Meski Masih Usia 20-an

Memiliki wajah awet muda adalah impian banyak orang, dan berbagai upaya dilakukan agar kulit lebih muda dari usianya. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang ternyata dapat membuat wajah terlihat tua meski masih usia 20-an. Selain dari kesalahan dalam memilih makeup, beberapa kebiasaan harian juga dapat memicu penuaan dini pada kulit.


Berikut adalah sederet kebiasaan yang bisa membuat wajah terlihat "boros" di usia muda :


1. Tidak Pakai Sunscreen

Menurut Men's Health, tidak pakai sunscreen adalah penyebab utama wajah terlihat tua dan berkerut. Paparan sinar UV dapat memicu radikal bebas yang merusak kolagen, elastisitas, dan sel kulit. Ini dapat menyebabkan penuaan dini, kerutan, bintik hitam, dan meningkatkan risiko kanker kulit. Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, menyatakan bahwa bahkan paparan sinar matahari dalam jumlah kecil setiap hari juga dapat berdampak negatif.


2. Kurang Tidur

Tidur memiliki peran penting dalam menjaga seseorang terlihat muda lebih lama. Sel-sel kulit memperbaiki diri pada malam hari, dan kurang tidur dapat mengganggu proses ini. Stres pada kulit yang karena kurang tidur dapat menghambat regenerasi sel-sel sehat, yang dapat menyebabkan penuaan dini.


3. Konsumsi Makanan Manis yang Berlebihan

Makanan manis dan bertepung dapat meningkatkan kadar gula darah, memicu peradangan, dan menyebabkan jerawat. Jerawat yang tidak diatasi dengan baik dapat meninggalkan jaringan parut permanen, yang membuat wajah terlihat lebih tua meskipun jerawat sudah hilang.


4. Sering Mengalami Stres

Penelitian menunjukkan bahwa stres jangka panjang dapat memperpendek telomer, bagian kromosom yang memendek secara alami seiring bertambahnya usia. Stres yang berkepanjangan dapat mempercepat proses penuaan. Menghadapi stres dengan meditasi selama 10 menit sehari dapat membantu mengelola stres dan mencegah penuaan dini.


5. Jarang Minum

Dehidrasi berdampak buruk pada tubuh dan dapat membuat kulit terlihat lebih tua. Dehidrasi menyebabkan tubuh menarik air dari jaringan kulit untuk mempertahankan konsentrasi dalam darah. Hal ini dapat membuat mata terlihat cekung, kulit terasa kering, dan kehilangan elastisitas, sehingga wajah terlihat lebih tua.


Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan ini, diharapkan dapat menjaga penampilan kulit agar tetap muda dan sehat pada usia muda.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال