Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan

 

Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan
Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan

Kolesterol yang tinggi adalah kondisi di mana kadar kolesterol dalam darah melampaui batas normal. Jika tidak diatasi dengan cepat, kolesterol dapat mengakibatkan penumpukan di pembuluh darah, meningkatkan risiko penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Kolesterol berasal dari dua sumber utama, yaitu makanan dan organ hati. 


Meskipun pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh, kolesterol terbagi menjadi dua jenis: kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/LDL) dan kolesterol baik (High Density Lipoprotein/HDL).


LDL bekerja dengan cara menumpuk kolesterol di pembuluh darah, yang dapat menyebabkan komplikasi serius. Oleh karena itu, LDL sering disebut sebagai kolesterol 'jahat'. Sementara HDL bertanggung jawab membersihkan dan membuang LDL ke liver. 


Meskipun kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala, penting untuk menyadari ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita.


Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita:


1. Mudah Merasa Lelah

Wanita dengan kolesterol tinggi cenderung mudah merasa kelelahan. Hal ini disebabkan oleh penumpukan plak yang menghambat aliran darah ke sel dan jaringan tubuh.


2. Nyeri di Kaki dan Tangan

Kolesterol tinggi dapat membuat darah menjadi lebih kental, mengganggu aliran darah pada saraf dan menyebabkan rasa sakit serta kebas pada kaki dan tangan.


3. Nyeri di Dada

Penumpukan plak akibat kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri dapat menyebabkan nyeri di bagian dada. Rasa nyeri ini muncul karena berkurangnya aliran darah melalui arteri.


4. Xanthoma

Xanthoma adalah kondisi lesi pada kulit yang muncul akibat timbunan lemak. Meskipun umumnya tidak berbahaya, xanthoma sering menjadi gejala masalah kesehatan lain, seperti diabetes atau kolesterol tinggi.


5. Lidah Berwarna Ungu

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah yang mengakibatkan lidah berwarna biru atau keunguan ketika terjadi penyumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan darah dan oksigen ke lidah.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال