Update : 27 Petugas KPPS Meninggal Dunia, Terbanyak Sakit Jantung

Update : 27 Petugas KPPS Meninggal Dunia, Terbanyak Sakit Jantung

Grevada.com - Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mencatat 27 kasus kematian anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pasca Pemilu 2024.

"Ini angka kematian sudah sangat turun dibandingkan tahun pemilu sebelumnya," ungkap dr. Siti Nadia Tarmizi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI.

Penurunan ini, menurut dr. Nadia, disebabkan oleh upaya promotif yang dilakukan pemerintah, termasuk pembatasan usia dan skrining kesehatan bagi para petugas KPPS.

Dari 27 kasus kematian tersebut, 9 orang meninggal akibat penyakit jantung, 8 orang meninggal saat dalam perjalanan menuju fasilitas kesehatan, 4 orang mengalami kecelakaan, 2 orang meninggal karena septic shock, 2 orang tanpa komorbid, 1 orang meninggal karena acute respiratory distress syndrome, dan 1 orang meninggal karena hipertensi.

Kasus kematian tersebut tersebar di beberapa pulau di Indonesia, dengan rincian sebagai berikut:

Sumatera Utara: 1 kasus

Riau: 1 kasus

Sumatera Selatan: 2 kasus

Banten: 2 kasus

DKI Jakarta: 3 kasus

Jawa Barat: 5 kasus

Jawa Tengah: 7 kasus

Jawa Timur: 5 kasus

Sulawesi Utara: 1 kasus

Dr. Nadia berpesan kepada para anggota KPPS untuk tidak memaksakan diri ketika merasa kelelahan. Jika muncul sinyal kelelahan di tubuh, segera istirahat dan perhatikan waktu tidur.

"Jangan kita melebihi sinyal-sinyal yang ditandai tubuh. Jika lelah, capek jangan paksakan bertugas," pesan dr Nadia.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال