Viral Netizen Memasak Daging Pakai Paracetamol, Profesor Farmasi Beri Peringatan

Viral Netizen Memasak Daging Pakai Paracetamol, Profesor Farmasi Beri Peringatan
Viral netizen masak daging pakai paracetamol. (Foto: SS TikTok Viral @@anggiiewijayanti)


Beberapa waktu yang lalu, sebuah video di TikTok menjadi viral setelah seorang netizen membagikan proses memasak daging dengan menggunakan obat sakit kepala yang mengandung paracetamol. Pengunggah video tersebut berpendapat bahwa langkah ini dapat membuat daging menjadi lebih empuk.


Namun, video tersebut memicu berbagai tanggapan dari masyarakat. Banyak netizen berpendapat bahwa masih banyak metode alami yang dapat digunakan untuk membuat daging empuk tanpa harus menggunakan obat sakit kepala.


Namun, apakah hal ini aman dilakukan? Profesor Farmasi dari Universitas Gadjah Mada, Prof. Zullies Ikawati, menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada penjelasan yang pasti mengenai kemampuan paracetamol dalam mengempukkan daging.


Menurutnya, kebiasaan ini sebaiknya dihentikan segera karena paracetamol adalah obat dan bukan bahan makanan. Penggunaan paracetamol dalam memasak juga dapat berpotensi berbahaya bagi kesehatan.


"Memasak dengan menggunakan obat paracetamol ini tentu saja bisa bahaya. Karena itu adalah bahan obat-obatan, bukan makanan," ujar Prof. Zullies.


Beliau menekankan bahwa paracetamol, jika dipanaskan untuk mengempukkan daging, dapat mengalami hidrolisis dan menjadi senyawa beracun yang dikenal sebagai 4-aminofenol.


Prof. Zullies menjelaskan bahwa senyawa 4-aminofenol bersifat toksik bagi tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati, ginjal, serta berpotensi menyebabkan kegagalan organ.


Terkait fenomena ini, Prof. Zullies juga mencatat bahwa kebiasaan serupa pernah muncul di Nigeria, di mana warga setempat sering menggunakan paracetamol untuk mengempukkan daging. Namun, saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan Nigeria (NAFDAC) telah melarang aksi tersebut.


"Secara mekanisme, belum ada penjelasan pasti mengenai apakah paracetamol memang dapat digunakan untuk mengempukkan daging," pungkasnya.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال