Tidur Setelah Sahur, Bolehkah? Simak Penjelasan dan Dampaknya!

Tidur Setelah Sahur, Bolehkah? Simak Penjelasan dan Dampaknya!

Rasa kantuk yang kerap muncul setelah makan sahur seringkali membuat kita ingin langsung tidur. Namun, apakah sebenarnya boleh tidur setelah makan sahur?

Menurut penelitian, tidur setelah makan sahur ternyata tidak disarankan. Hal ini dikarenakan dapat berdampak negatif pada kesehatan pencernaan dan kadar gula darah di dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak langsung tidur, setidaknya selama dua hingga empat jam setelah sahur.

Berikut adalah beberapa efek tidur setelah sahur yang perlu Anda ketahui:

  • Meningkatkan risiko refluks asam yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, mual, dan sensasi seperti terbakar di area dada.
  • Menurunkan kualitas tidur sehingga tidur menjadi tidak nyenyak dan mudah terbangun.
  • Meningkatkan risiko peningkatan berat badan dan obesitas.
  • Meningkatkan kadar gula di dalam tubuh.


Efek-efek tersebut dapat berdampak buruk pada kelancaran ibadah puasa yang sedang dijalani. Meski merasa sangat mengantuk, Anda disarankan untuk tidak langsung tidur setelah sahur guna mengurangi efek samping tersebut.

Lalu, kapan sebaiknya tidur setelah makan sahur?

Dikutip dari Antara, Minggu (24/3/2024), Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, Dip.TH, MM, MARS, menyebutkan bahwa Anda bisa kembali tidur dalam dua hingga empat jam setelah sahur. Hal ini bertujuan untuk menghindari peningkatan kadar gula darah dan risiko gangguan pencernaan.

Selain itu, Dr. Rudy juga menyarankan untuk tidak langsung berbaring dan melakukan aktivitas ringan, atau sekadar duduk dengan posisi tegak, setelah sahur agar makanan dapat dicerna oleh tubuh dengan baik. Kebiasaan ini sangat penting, terutama bagi penderita diabetes, karena peningkatan kadar gula darah dapat berbahaya dan meningkatkan risiko komplikasi.

Bagi Anda yang mengidap diabetes, disarankan untuk menjaga asupan makanan dengan porsi seimbang dan mengandung protein, karbohidrat, dan serat yang direkomendasikan agar kadar gula darah tetap stabil selama puasa. Berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum berpuasa juga sangat disarankan agar tidak memengaruhi kesehatan tubuh selama puasa.

Memahami apakah boleh tidur setelah makan sahur sangatlah penting agar Anda bisa mulai menghindari kebiasaan ini. Selamat menjalankan ibadah puasa dengan sehat dan penuh khusyuk.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال